Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8763
Title: Strategi Pemasaran Jasa Perbankan dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Binjai
Authors: Ernawati
Advisor: Wijaya, Muslim
Syahriandy
Keywords: strategi pemasaran;jasa perbankan;jumlah nasabah
Issue Date: 2010
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Bank adalah lembaga keuangan yang merupakan suatu wadah pertukaran uang. Dalam kegiatan bank berperan sebagai mobilisator dana pembangunan untuk menggerakkan kegiatan ekonomi. Dalam perkembangan jasa perbankan di Indonesia telah mengalami kemajuan yang cukup pesat sejak diperkenalkannya teknologi baru dan adanya deregulasi di bidang perbankan. PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) TBK. Di samping mencari laba, baik ini juga melayani kebutuhan masyarakat akan jasa perbankan, dimana orientasinya mendukung dan mensukseskan pembangunan nasional untuk mendapatkan laba yang diharapkan dalam aktifitas operasionalnya dimana bank ini tidak terlepas dari penggunaan dan penerapan strategi pemasaran. Dari penelitian pendahuluan yang dilakukan maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : " Sejumlah strategi pemasaran yang diterapkan dalam mempertahankan serta meningkatkan jumlah nasabah yang telah ada selama ini sehingga bank mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya ". Bank BRI Cabang Binjai sebagai lembaga keuangan yang melayani masyarakat menawarkan jasa - jasa perbankan yaitu tabungan, giro, simpanan berjangka, sertifikat deposito. Sedangkan strategi pemesan yang di terapkan di tinjau dari segi bauran pemasaran terdiri dari : strategi produk, strategi harga, strategi saluran distribusi dan promosi. Adapun kesimpulan penulis dari penelitian ini antara lain adalah: 1. Bank BRI sebagai One Top Service selalu memperhatikan pelayanan yang diberikannya. Untuk itu Bank BRI memberikan pendidikan dan pelatihan kepada setiap karyawannya sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang tebaik dan tercepat bagi para nasabah. Didalam meningkatkan pelayanannya. Bank BRI memiliki berbagai sarana yang menunjang kegiatan usahanya seperti : computer, faximile, telephone, dan lain - lain. 3. Persaingan saat ini bukanlah diantara apa yang mereka tambahkan pada produknya seperti service ( pelayanan ). Dalam hal ini telah dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia dalam usahanya untuk merebut pasar yaitu dengan memberikan pelayanan yang tercepat dan terbaik. Saran yang dapat penulis berikan adalah : 1. Disarankan pada PT. Bank Rakyat Indonesia agar lebih memperhatikan kemampuan dan keterampilan karyawannya di kantor cabang sehingga karyawan yang ada di kantor cabang dapat meningkatkan profesionalismenya dalam bidang perbankan sehingga mereka akan mampu mengantisipasi dalam menghadapi setiap perubahan yang ada dengan cepat dan tepat. 2. Dalam masalah promosi hendaknya lebih ditingkatkan lagi untuk setiap produknya karena selama ini PT. Bank Rakyat Indonesia hanya melakukan promosi untuk beberapa produk saja seperti tabungan dan deposito. Hal ini sangat penting karena tanpa adanya usaha promosi suatu produk perusahaan akan sulit untuk dikenal oleh masyarakat luas. Promosi yang dilakukan hendaknya pada setiap produk dan bukan hanya produk tabungan dan deposito saja seperti yang selama ini dilakukan.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/8763
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068320196.pdfFulltext820.23 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.