Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/7505
Title: Hubungan Efikasi dan Perilaku Asertif Dosen dengan Foreign Language Anxiety pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Langsa, Aceh
Authors: Surya, Dedy
Advisor: Menanti, Asih
Siregar, Nina Siti Salmaniah
Keywords: foreign language anxiety;efikasi diri;perilaku asertif dosen
Issue Date: 8-Jun-2017
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan perilaku asertif dosen dengan foreign language anxiety. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa lnggris, Institut Agama Islam Negeri Langsa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling untuk menjaring 147 orang mahasiswa pada 2,4, dan 6 yang tersebar secara proporsional. lnstrumen penelitian menggunakan Foreign Language Classroom Anxiety Scale (FLCAS) oleh Horwitz, dkk. (1986), skala efikasi diri menurut Bandura (1997, dan skala perilaku asertif menurut Townend (2007). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dan perilaku asertif dosen dengan foreign language anxiety. Hal ini ditunjukkan dengan Freg= 101,061 dan p<0,05. Sumbangan efektif yang diberikan efikasi diri perilaku asertif dosen terhadap foreign language anxiety adalah sebesar 58,4%. Sementara itu masih terdapat 41,6% pengaruh faktor lain di luar prediktor yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/7505
Appears in Collections:MT - Magister Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
151804075.pdfFulltext6.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.