Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/7413
Title: Analisis Alokasi Anggaran Pendidikan pada APBD Kabupaten Deli Serdang (Studi Tentang Pasca Keputusan Mahkamah Konstitusi atas Penjelasan Pasal 49 Ayat (1) Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional)
Authors: Nauli, Sopian
Advisor: Tarigan, Usman
Usman, Done Ali
Keywords: kebijakan publik;apbd;anggaran pendidikan;public policy;regional budget;education budget
Issue Date: 13-Apr-2010
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: The results of the research show that the extent of the attention given by the government of Deli Serdang regency in the allocation of the budget, particularly for the education budget according to regional budget in the fulfillment of the constitutional rights of the citizen is categorized high, in which during in 2007- 2010, the budget for the education, youth and sport is allocated for 40.88%. The progress of the protion for the educational budget in Regional Budget of Deli Serdang regency from 2007 up to 2010, the average of the percentage of the budget for Education. Youth and Sport in the form of direct or indirect expenditure is for 83.50%. it is for direct expenditure in the form of the expenditur of the employees, and in the form of indirect expenditure such as goods and service as well as capital expenditure only for 13.50%. The deviation regarding the indirect expenditure dominance phenomenon (routine expenditure) for the education sector as it is seen from the allocation of the salary and the allowance for the teachers should be gradually balanced with the allocation of special budget in education post and for other development in the attempt for increasing the quality of the education in Deli Serdang regency, North Sumatera province. It is expected that the young generation will have similar qualification with other provinces and even in the international level.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam alokasi anggaran khususnya sektor pendidikan dalam APBD untuk memenuhi hak konstitusional warga negaranya, dan mengetahui perkembangan porsi anggaran pendidikan dalam APBD pemerintah Kabupaten Deli Serdang dari tahun ke tahun pasca UU No. 20 tahun 2002 tentang Sisdiknas dan Keputusan MK tentang penjelasan Pasal 49 ayat (1) UU No 20. tentang Sisdiknas tahun 2003. Metode yang digunakan merupakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh dari key informan melalui wawancara juga data pendukung dari sumber sekunder yang ada pada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Dengan format penelitian deskriptif kualitatif, maka analisis data dilakukan melalui interpretasi berdasarkan pemahaman intelektual yang dibangun oleh pengalaman empiris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perhatian pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam alokasi anggaran khususnya sektor pendidikan dalam APBD untuk memenuhi hak konstitusional warga negaranya adalah cukup tinggi dimana selama TA 2007-2010 rata-rata anggaran Dinas Pendidikan, Pemud dan Olah Raga Kabupaten Deli Serdang adalah sebesar 40,88%. Perkembangan porsi anggaran pendidikan dalam APBD pemerintah Kabupaten Deli Serdang dari tahun 2007 sampai tahun 2010, rata-rata Persentase Anggaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deli Serdang, untuk Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung selama Periode TA 2007 - 2010 sebahagian besar (83,50%) digunakan untuk belanja tidak lamgsung yaitu belanja pegawai, sedang yang digunakan untuk belanja tidak langsung (belanja barang dan jasa serta belanja modal) hanya sebesar 13,50%. Kerancuan yang ada tentang fenomena dominansi belanja tidak langsung (belanja rutin) untuk bidang pendidikan yang tercermin dari pengalokasian gaji serta tunjangan pendidik secara perlahan hendaknya diseimbangkan dengan pengalokasian anggaran khusus bidang pendidikan pos belanja pembangunan untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara agar generasi yang akan datang merupakan individu-individu yang dapat disejajarkan dengan kualitas daerah lain di wilayah nusantara bahkan di dunia bagi cakupan yang lebih luas.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/7413
Appears in Collections:MT - Magister Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
081801096.pdfFulltext3.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.