Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/504
Title: Hubungan Antara kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Smp Negeri 2 Pkl. Susu Kabupaten Langkat
Authors: Basry
Keywords: Kemandirian Belajar;Kepercayaan Diri;Kompetensi Guru
Issue Date: 2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini ingin melihat ; Hubungan kompetensi guru dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 2 Pangkalan Susu. Hipotesis yang diajukan : a).Ada hubungan yang positif antara Kompetensi Guru dan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian belajar pada siswa, b). Ada hubungan antara Kompetensi Guru dengan Kemandirian belajar pada siswa, c). Ada hubungan yang positif antara Kepercayaan Diri dengan Kemandirian belajar pada siswa. Populasi adalah siswa-siswa SMP Negeri 2 Pangkalan Susu yang berjumlah 79 orang, tehnik sampling adalah total sampling, berjumlah sampel 79 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala, yaitu skala kemandirian belajar, skala kepercayaan diri dan skala kompetensi guru, sebelum digunakan untuk penelitian, skala diujicobakan kepada 30 orang siswa untuk melihat validitas dan reliabilitas skala tersebut. Data dianalisis dengan tehnik Analisis Regresi Berganda.Hasil penelitian menunjukkan ; a). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kompetensi guru dan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar. Hal ini ditunjukan dengan koefisien Freg = 8,304; p = 0,001. DiketahuiFtabel = 3,12. NilaiFhit>Ftabel memiliki makna bahwa kompetensi guru dan kepercayaan diri memiliki hubungan yang linier dengan kemandirian.b).Kompetensi guru dan kepercayaan diri memiliki sumbangan efektif secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar sebesar17,9%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 82,1% sumbangan dari faktor lain terhadap kemandirian belajar, c).Ada hubungan positif yang signifikan antara kompetensi guru dengan kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 2 Pangkalan Susu dengan koefisien korelasirx1y = 0,390; p < 0,001, dan sumbangan efektif sebesar 15,2%, d). Ada hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar, dengan koefisien korelasi rx2y = 0,267; p = 0,018; dan sumbangan efektif sebesar 7,1 %. e). Hasil lain diperoleh dari penelitian ini, yakni diketahui bahwa subjek penelitian ini para siswa SMP Negeri 2 Pangkalan Susu, memiliki kemandirian belajar yang tergolong sedang, kompetensi guru yang baik, dan memiliki kepercayaan diri yang dimiliki tergolong sedang.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/504
Appears in Collections:MT - Magister Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
141804108_file 1.pdfCover222.2 kBAdobe PDFView/Open
141804108_file 2.pdfAbstract102.07 kBAdobe PDFView/Open
141804108_file 3.pdfIntroduction136.48 kBAdobe PDFView/Open
141804108_file 4.pdfChapter I122.99 kBAdobe PDFView/Open
141804108_file 5.pdfChapter II309.07 kBAdobe PDFView/Open
141804108_file 6.pdfChapter III151.69 kBAdobe PDFView/Open
141804108_file 8.pdfEnclousure546.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.