Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/441
Title: Strategi Pemasaran Pakan Ikan di Sumatera Utara
Other Titles: Studi Kasus : PT. Suri Tani Perdana Km. 12,8 Tj. Morawa
Authors: harahap, Abdul Anas
Keywords: Pemasaran;Pakan Ikan
Issue Date: 2015
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (1) mengetahui sistem salauran pemasaran pakan yang dilakukan perusahaan sampai ke konsumen (2) Untuk mengetahui perkembangan pemasaran pakan selama lima tahun terakhir yang diperoleh perusahaan PT. Suri Tani Perdana (3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pakan di perusahaan PT. Suri Tani Perdana. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Yakni data runtun waktu (time series) dengan metode observasi (survei) langsung ke perusahaan PT. Suri Tani Perdana. Analisis yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan metode verbalistik dan grafik, analisis trend runtun waktu dengan menerapkan metode ordinary least square (OLS). Analisis kuantitatif yang digunakan adalah dengan mengamati data sekunder perusahaan PT STP (Persero), dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dengan alasan untuk melihat hubungan antara harga pakan dengan pemasaran produk pakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil olahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa koefisien determinasinya adalah R =0,970 : Artinya bahwa kontribusi faktor harga pakan ikan terhadap pemasaran pakan ikan adalah sebesar 97 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor di luar faktor harga pakan ikan. Oleh karena itu, kebijakan yang dilakukan oleh manager pemasaran adalah tetap meningkatkan harga, sesuai dengan konsep bauran pemasaran (marketing mix) (Kotler Philip, 2009) Kemudian di lihat dari pengujian hipotesis secara parsial, yakni dengan menggunakan t-hitung = 6,89 › t-tabel (3,26), maka dapat dikatakan bahwa Ho diterima dalam arti bahwa faktor harga pakan ikan sangat menentukan pemasaran pakan ikan di kemudian hari. Dari ulasan di atas memperlihatkan bahwa permintaan pakan ikan secara runtun waktu (time series) tetap meningkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa produsen bertindak menopoli, dalam arti berapa harga pakan buatan yang dilakukan oleh produsen, maka peternak akan tetap melakukan pembelian. Di lihat dari aspek skala usaha kecil dari peternak dengan naiknya harga pakan, yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan harga komoditas ikan, maka dapat dikatakan bahwa peternak kecil kurang mampu dalam menggunakan pakan buatan. Sebaliknya di lihat dari peternak dengan skala usaha besar, berapa pun kenaikan harga pakan ikan buatan tidak berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan pakan buatan. Oleh karena dengan skala usaha besar, maka petani akan memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan peternak kecil.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/441
Appears in Collections:MT - Magister Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
131802004_file 1.pdfCover101.12 kBAdobe PDFView/Open
131802004_file 2.pdfAbstract77 kBAdobe PDFView/Open
131802004_file 3.pdfIntroduction127.4 kBAdobe PDFView/Open
131802004_file 4.pdfChapter I155.7 kBAdobe PDFView/Open
131802004_file 5.pdfChapter II143.2 kBAdobe PDFView/Open
131802004_file 6.pdfChapter III104.52 kBAdobe PDFView/Open
131802004_file 8.pdfEnclousure121.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools