Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/291
Title: Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (Studi Kasus Seksi Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Dinas Cipta Karya dan Pertambangan Kabupaten Deli Serdang)
Authors: Hasibuan, Sofyul Hayati
Keywords: Tingkat Kepuasan;Masyarakat;Pemadam Kebakaran
Issue Date: Aug-2015
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Dalam era globalisasi dewasa ini, salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah adalah bagaimana menampilkan aparatur yang profesional, memiliki etos kerja yang tinggi, keunggulan kompetitif, dan kemampuan memegang teguh etika birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan memenuhi aspirasi masyarakat. Tantangan tersebut merupakan hal yang beralasan mengingat secara empiric masyarakat di daerah menginginkan agar aparat pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya dapat bekerja secara maksimal yang akhirnya dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.Dalam pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran yang dilayani oleh petugas pemadam kebakaran kabupaten Deli Serdang mendengar banyaknya keluhan masyarakat di lokasi kebakaran antara lain sulitnya menghubungi kantor pencegahan dan pemadam kebakaran ,lamanya petugas pemadam kebakaran sampai di lokasi kebakaran ,kurangnya fasilitas yang dimiliki petugas pemadam kebakaran,kurang sikap sigap,cepat dan tanggap oleh petugas pemadam kebakaran hingga dianggap masyrakat memerlukan biaya dalam meminta pelayanan pencegahan dan pemadam kebakaran.Adapun tujuan dari penulisan ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Deli Serdang. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan angket yang di berikan kepada responden yang pernah mengalami kejadian kebakaran di wilayah kabupaten Deli Serdang. Dari hasil penelitian dan pembahasan tentang Tingkat Kepuasan Masyrakat terhadap Pelayanan pada Seksi Pencegahan dan Pemadam Kebakaran kabupaten Deli Serdang,penulis dapat menyimpulkan bahwa pelayanan yang telah diberikan oleh petugas pemadam kebakaran telah berjalan dengan baik dimana didapatkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dilihat dari 12 indikator sesuai Kepmen.PAN No.25.Th.2004 dengan mutu pelayanan B dan nilai setelah dikonveksi 62,75 serta nilai interval 2,51 Oleh karena itu kinerja unit pelayanan dapat dikategorikan baik. Unit layanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran kabupaten Deli Serdang memperlihatkan hasil jawaban responden setelah dihitung melalui IKM dihasilkan 4 unsur kinerja layanan yang harus lebih ditingkatkan yaitu: unsur pelayanan Prosedur Pelayanan (NRR perunsur 2,13), Waktu (NRR perunsur 2,13) , Persyaratan Pelayanan (NRR perunsur 2,33) dan Kecepatan pelayanan ( NRR perunsur 2,4 ).Selebihnya untuk katagori indeks kepuasan unsur yang lainnya dinilai sudah baik dengan nilai NRR 2,5 keatas, meskipun begitu harapan masyarakat agar unsur pelayanan tersebut harus lebih ditingkatkan.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/291
Appears in Collections:SP - Government Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118510033_file1.pdfCover696.74 kBAdobe PDFView/Open
118510033_file2.pdfAbstract690.22 kBAdobe PDFView/Open
118510033_file3.pdfIntroduction703.36 kBAdobe PDFView/Open
118510033_file4.pdfChapter I712.7 kBAdobe PDFView/Open
118510033_file5.pdfChapter II722.33 kBAdobe PDFView/Open
118510033_file6.pdfChapter III725.2 kBAdobe PDFView/Open
118510033_file8.pdfEnclousure2.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.