Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/204
Title: Pengaruh TIngkat Pendidikan Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pilkada 2015 di Desa Urung Purba Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun
Authors: Purba, Jhon Fredy A
Keywords: Pengaruh Tingkat Pendidikan;Pilkada 2015
Issue Date: 26-Jul-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Tahapan demokrasi bangsa Indonesia kembali diuji dengan momentum pemilihan Kepala Daerah langsung yang telah berlangsung sejak 2005. Momentum pilkada idealnya dijadikan sebagai proses penguatan demokratisasi. Dalam konteks penguatan demokratisasi, masyarakat yang memiliki kesadaran berdemokrasi adalah langkah awal menuju lajur demokrasi yang benar. Pembentukan warga negara yang memiliki keadaban demokratis dan demokrasi keadaban paling mungkin dilakukan secara efektif hanya melalui pendidikan. Dari uraian di atas peneliti mengadakan penelitian mengenai pengaruh tingkat pendidikan terhadap partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilkada. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh tingkat pendidikan dengan partisipasi masyarakat Desa Urung Purba Kecamatan Simalungun. Dan hipotesis yang diajukan bahwa tingkat pendidikan memiliki pengaruh dalam partisipasi masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kepustakaan dan penelitian langsung di lapangan seperti menyebarkan angket, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah kuantitatif yaitu menggunakan rumus korelasi product moment, uji signifikan dengan rumus t, uji determinan dan uji validitas dan reabilitas SPSS 21 dengan jumlah objek penelitian sebanyak 30 masyarakat. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat hubungan pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan partisipasi masyarakat dengan hasil hubungan 0.9 serta r hitung lebih besar dari pada r tabel dan bila dikonsultasikan dengan tabel interprestasi berada pada antara 0.80 > 1.00 yang menyatakan hubungan sangat kuat. Jadi dengan demikian bahwa hipotesis diterima, yaitu tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/204
Appears in Collections:SP - Government Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128510024_file1.pdfCover823.19 kBAdobe PDFView/Open
128510024_file2.pdfAbstract851.31 kBAdobe PDFView/Open
128510024_file3.pdfIntroduction835.42 kBAdobe PDFView/Open
128510024_file4.pdfChapter I821.87 kBAdobe PDFView/Open
128510024_file5.pdfChapter II930.01 kBAdobe PDFView/Open
128510024_file6.pdfChapter III1.06 MBAdobe PDFView/Open
128510024_file8.pdfEnclousure1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.