Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/1592
Title: Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Autis di SLB Taman Pendidikan Islam (TPI) Medan
Authors: Ritonga, Syaira Arlizar
Keywords: Komunikasi Interpersonal;Autisme;Sekolah Luar Biasa
Issue Date: 16-Aug-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Autisme merupakan gangguan perkembangan yang terjadi pada masa anak yang ditandai dengan adanya keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi, dan interaksi sosial. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kurnia dan Afgan, mereka adalah siswa autis di SLB TPI Medan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan siswa dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak autis. Dalam hal ini, peneliti melihat bagaimana pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh guru untuk melatih dan mengasah kemampuan yang ada pada diri anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu menjelaskan fenomena dengan mengumpulkan data-data kemudian dianalisa untuk memperoleh suatu kesimpulan. Penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara mendalam yang melibatkan guru dan orangtua dari siswa autis sebagai narasumber penelitian. Dari hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa peran komunikasi interpersonal guru di sekolah sangat penting dalam membantu mengembangkan bakat dan kreativitas siswa autis. Guru juga membantu dalam hal meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial siswa autis dengan orang lain.Kesimpulannya, bahwa SLB sangat diperlukan sebagai sarana pendidikan dan pengembangan kemampuan siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Dalam hal ini, peningkatan kreativitas dan kemampuan seorang guru selaku penanggungjawab dan pengontrol segala aktivitas siswa di sekolah juga diperlukan agar dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi serta bakat dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.
Description: Autism is a developmental disorder that occurs in childhood characterized by delays in cognitive, language, behavior, communication, and social interaction. The informants in this research are Kurnia and Afgan, they are student with autism in SLB Taman Pendidikan Islam Medan.The aim of this research is to know how the interpersonal communication that occurs between teacher and student in developing talent and creativity of child with autism. In this case, the researcher wanted to see how the communication approach that done by the teacher to train and hone the ability in child with autism.The method used in this research is qualitative approach, that is describe a phenomenon by collecting data then analyzed to get a conclusion. This research carried out with direct observation and in-depth interviews that involving teacher and parent of autis students as research informant. From the result of this research, it can be said that the role of teacher interpersonal communication in school is very important in helping to develop talent and creativity of student with autism. Teacher also helped in improving communication skills and social interaction of student with autism with others people. The conclusion, that Extraordinary School (SLB) is necessary as a means of education and developing of ability of students with special needs. In this case, raising of teacher’s creativity and ability as a people who responsible and control all activities of student in the school are also needed in order to developing the communication ability as well as the talent and creativity of the students.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/1592
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128530021_file1.pdfCover134.76 kBAdobe PDFView/Open
128530021_file2.pdfAbstract106.76 kBAdobe PDFView/Open
128530021_file3.pdfIntroduction118.24 kBAdobe PDFView/Open
128530021_file4.pdfChapter I122.84 kBAdobe PDFView/Open
128530021_file5.pdfChapter II183.21 kBAdobe PDFView/Open
128530021_file6.pdfChapter III119.33 kBAdobe PDFView/Open
128530021_file8.pdfReference738.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.