Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11918
Title: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wampu Kabupaten Langkat
Other Titles: Analysis of Factors Affecting Customer Satisfaction in Using Water Regional Water Company (PDAM) Tirta Wampu Langkat Regency
Authors: Sembiring, Novi Silviani
Advisor: Nasution, Amrin Mulia U
Lubis, Adelina
Keywords: harga;kualitas produk;kualitas pelayanan;kepuasan pelanggan
Issue Date: Oct-2016
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;128320177
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam memnggunakan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wampu Kabupaten Langkat Jenis penelitian ini adalah asosiatif, penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.338 orang, dengan menggunakan rumus slovin yang di jadikan responden berjumlahh 97 orang. Hasil penelitian dalam penelitian ini pada pada uji t harga dengan nilai thitung> ttabel (5,287>1,661), kemudian untuk hasil uji t pada variabel kualitas produk di peroleh nilai thitung> ttabel (4,735>1,661) dan variabel kualitas pelayanan di peroleh nilai thitung> ttabel (4,254>1,661). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variable harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang menggunakan Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)Tirta Kabupaten Langkat. Pada uji f nilai Fhitung>Ftabel, yaitu sbesar (57,421>3.10). Hasil ini menunjukkan bahwa variabel harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kabupaten Langkat. Asjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,638. koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 63,8%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 63,8 % kepuasan pelanggan pengguna Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kabupaten Langkat dapat dijelaskan oleh variabel harga, kualitas produk,dan kualitas pelayanan. Sisanya sebesar 36,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11918
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
128320177 - Novi Silviani Sembiring - Fulltext.pdfCover, Chapter I,II,II, Bibliography1.32 MBAdobe PDFView/Open
128320177 - Novi Silviani Sembiring - Chapter II, IV.pdf
  Restricted Access
Chapter II, IV1.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.