Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/1180
Title: Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Kurikulum 2013 terhadap Guru di SMK Negeri 5 Medan
Authors: Nasution, Riyanti Saputri
Keywords: Policies Implementation;Implementation Process;2013 Curriculum Policies
Issue Date: 27-Jan-2015
Abstract: The research conducted by researcher with title the implementation of government policies about 2013 curriculum to the teachers in SMK Negeri 5 Medan. Aim of The research are to get description about implementation of government policies about 2013 curriculum to the teachers in SMK Negeri 5 Medan and to know the thing that hamper ini implementation of government policies about 2013 curriculum ini SMK Negeri 5 Medan. The approach in this research is qualitative approach with descriptive research and interview and also observation. Then qualitative analyzing method is used to decipher and description about object with research and then conclusion where the subject in this research is the teachers ini SMK 5 Medan. The result show that implementation of government policies about 2013 curriculum to teachers in SMK Negeri 5 Medan is not maximum and many lacks in implementation. like human resource do not understand with the implementation it is hampered by the old teachers so it is difficult implementation. And not good to support implementation 2013 curriculum in studing process. Therefor the socialization and training need to increase so the teacher more understand to the curriculum, and do control continiusly, so the purpose and aim of the 2013 curriculum policies can be realized.
Description: Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berjudul ”Implementasi kebijakan Pemerintah Tentang Kurikulum 2013 Terhadap Guru di SMK Negeri 5 Medan” . Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai implementasi kebijakan pemerintah tentang kurikulum 2013 terhadap guru di SMK Negeri Medan serta, apa saja yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kebijakan tentang kurikulum 2013 di SMK Negeri 5 Medan tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan wawancara dan juga observasi. Kemudian metode analisis kualitatif digunakan dengan menguraikan serta mendeskripsikan data yang diperoleh dilapangan sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang objek yang diteliti dan kemudian menarik kesimpulan. Dimana subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SMK Negeri 5 Medan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi kebijakan pemerintah tentang kurikulum 2013 terhadap guru di SMK Negeri 5 Medan belum maksimal dan banyak kekurangan dari segi pelaksanaannya, misalnya dari segi sumber daya manusia masih banyak yang belum paham dalam pelaksanaannya serta dihambat dengan guru-guru usia tua sehingga sulit dalam pelaksanaannya. Kemudian masih kurangnya sarana dan prasarana dalam mendukung jalannya pelaksanaanya kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dikelas. Maka dari itu diperlukan sosialisasi maupun pelatihan yang lebih lagi agar guru-guru lebih paham lagi untuk melaksanakan kurikulum 2013 serta melakukan pengawasan terus sehingga maksud dan tujuan dari kebijakan kurikulum 2013 dapat terwujud.
URI: http://hdl.handle.net/123456789/1180
Appears in Collections:SP - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118520011_file1.pdfCover236.4 kBAdobe PDFView/Open
118520011_file2.pdfAbstract219.67 kBAdobe PDFView/Open
118520011_file3.pdfIntroduction255.55 kBAdobe PDFView/Open
118520011_file4.pdfChapter I234.07 kBAdobe PDFView/Open
118520011_file5.pdfChapter II295.31 kBAdobe PDFView/Open
118520011_file6.pdfChapter III231.11 kBAdobe PDFView/Open
118520011_file8.pdfReference259.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.