Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10257
Title: Pengaruh Metode Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Kreativitas Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa MTsN 1 Model Medan
Authors: Yati, Fedi
Advisor: Lubis, Lahmuddin
Munir, Abdul
Keywords: metode stad;kreativitas;motivasi belajar
Issue Date: 2-Aug-2012
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui pengaruh Metode STAD dan pengaruh kreativitas (tinggi dan rendah) terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa di MTsN 1 Model Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII semester 2 di MTsN 1 Model Medan yang berjumlah 284 siswa dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII-8 dan VIII-9 yang berjumlah 36 siswa, atau 18 orang masingmasing pada kelas VIII-8 dan kelas VIII-9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain factorial 2 x2, tehnik analisa data yang digunakan adalah analisis varian dua jalur (ANAVA). Kreativitas siswa diukur dengan menggunakan tes Figural dan Verbal. Sedangkan tes motivasi belajar siswa menggunakan tes bentuk instrumen sebanyak 46 butir. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode STAD lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional. 2) Motivasi belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang diajarkan dengan metode STAD lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi yang dibelajarkan dengan metode konvensional. 3) Motivasi belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah yang dibelajarkan dengan metode STAD lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah yang dibelajarkan dengan metode konvensional. 4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode STAD sebagai Metode pembelajaran bersesuaian untuk segala tingkatan kreativitas siswa baik tinggi maupun rendah dalam memotivasi belajar siswa, sedangkan metode tradisional (konvensional) membantu siswa yang memiliki kreativitas tinggi, namun kurang membantu siswa yang memiliki kreativitas rendah. Sehingga metode STAD ini dapat dijadikan altematif pilihan dalam proses belajar mengajar.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10257
Appears in Collections:MT - Magister Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101804004_Fedi Yati.pdfFulltext4.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.