Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10178
Title: Hubungan antara Minat Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 4 Takengon
Authors: Nova, Mangi Fristi
Advisor: Darmayanti, Nefi
Siregar, Farida Hanum
Keywords: minat belajar;belajar matematika;prestasi belajar
Issue Date: 2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar Matematika dengan prestasi belajar Matematika pada siswa SMA Negeri 4 Takengon. Hipotesis yang di ajukan adalah adanya hubungan posistif antara minat belajar matematika dengan prestasi belajar matematika pada siswa. Semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar pada siswa. Dan sebaliknya semakin rendah minat belajar siswa maka semakin rendah prestasi belajar pada siswa. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 66 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala minat belajar yang di susun berdasarkan skala likert, sedangkan prestasi belajar dilihat dari nilai rata-rata mata pelajaran matematika. Minat belajar di susun berdasarkan aspek-aspek yaitu latihan kebiasaan, kebutuhan, kepuasan rangsang dari objek itu sendiri. Dalam upaya membuktikan hipotesis di atas, maka digunakan teknik analisis product moment. Teknik ini digunakan untuk menganalisis kedua variabel X - Y. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 4 Takengon, maka hipotesis yang diajukan diterima. Hal ini ditunjukan dengan koefisien rxy= 0,766 dimana P=0,000 selain itu diperoleh juga sumbangan minat belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika sebesar 58,7%. Maka dapat dinyatakan bahwa masih terdapat 41,3% prestasi belajar disebabkan oleh faktor lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti. Hubungan antara minat belajar Matematika dengan prestasi belajar Matematika pada siswa SMA Negeri 4 Takengon tergolong tinggi karena mean hipotetik (77,5) lebih kecil dari mean empirik (95,1970).
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10178
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
098600136_Mangi Fristi Nova.pdfFulltext3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.